Space 720 x 90 Tersedia
31 January 2018

Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi WiFi yang Lambat (Part 2)

Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi WiFi yang Lambat (Part 2)
Halo, kembali lagi dengan artikel yang akan menyelesaikan masalah kamu mengenai koneksi WiFi yang lambat. Memang sih ada beragam faktor yang dapat membuat koneksi internet melalui WiFi menjadi busuk, dan lima di antaranya sudah kita bahas melalui part 1 dari artikel ini. Jika kamu belum sempat membaca part sebelumnya, kamu bisa melihatnya melalui link Penyebab dan Cara Mengatasi Koneksi WiFi yang Lambat (Part 1) berikut ini.

Melalui part kedua dari artikel ini, kami akan membahas mengenai tips mempercepat WiFi melalui faktor router, terutama posisi paling bagus dalam meletakkannya.

1. Letakkan Router di Tempat Terbuka

Sepertinya sudah banyak orang yang tahu ya bahwa router memang lebih baik untuk ditempatkan pada tempat terbuka. Hindari untuk menempatkan router pada tempat yang tidak terlihat atau terlalu banyak penghalang seperti di ujung ruangan atau kolong meja. Sangat tidak disarankan untuk menempatkan router di dalam lemari atau di tempat penyimpanan yang tertutup karena sinyal WiFi sangat rentan akan penghalang.

2. Jauhkan Dari Tanah

Usahakan untuk tidak menaruh router di lantai atau sejajar dengan kaki kita. Material lantai dinilai tidak cukup bagus untuk menggiring sinyal ke seluruh penjuru ruangan. Selain itu, kebanyakan antena router justru memancarkan sinyal ke arah bawah sehingga menempatkannya jauh di atas lantai akan lebih baik.

3. Jauhkan Dari Peralatan Elektronik Lainnya

Selain faktor ruangan, benda-benda elektronik yang berada di sekitar router juga punya pengaruh buruk lho. Usahakan untuk tidak meletakkan router di dekat TV atau komputer karena mereka memiliki gelombang elektromagnetik yang dapat mengacaukan sinyal WiFi.

4. Arahkan Antena Ke Arah yang Berbeda-Beda

Jika kamu perhatikan, kebanyakan router WiFi memiliki dua antena di bagian belakang. Demi memaksimalkan sinyal yang ia pancarkan, maka ubahlah arah dari salah satu antena tersebut ke arah lainnya, sehingga masing-masing antena dapat meng-cover berbagai sudut. Jika satu antena mengarah ke atas, maka coba arahkan antena lainnya ke arah samping.

5. Ukur Sinyal Dari Router Kamu

Kini sudah banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengukur kekuatan sinyal. Aplikasi yang tersedia untuk smartphone tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mencari titik mana saja yang memiliki sinyal yang kuat, sehingga kamu tidak perlu pusing lagi jika tiba-tiba kehilangan koneksi.

Sumber: Vox

Catatan :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam

 
close