Space 720 x 90 Tersedia
30 Oct 2016
Info Prediksi SepakBola

Cara Menonaktifkan / Disable Error Reporting System di Ubuntu

Cara Menonaktifkan/Disable Error Reporting System atau popup "System Program Problem Detected" di Ubuntu | Munculnya pesan (windows dialog/popup) yang informasi bahwa system internal ubuntu mengalami error atau crash yang menganjurkan kita sebagai pengguna Ubuntu untuk melaporkan/report ke developer atau pengembang sistem operasi Ubuntu itu sendiri. Popup yang muncul ini disebut juga dengan Apport. Apport merupakan salah satu fitur informasi dan pelaporan dari Ubuntu dimana pada saat kita menjalankan aplikasi/program dan program tersebut mengalami crash di latar belakang program. Untuk referensi lengkapnya silahkan baca di website resminya disini. Namun kebanyakan yang terjadi program tidak tertutup dengan sendirinya ketika muncul popup sistem report ini. Jadi ini bukanlah masalah besar.
Cara Menonaktifkan / Disable Error Reporting System di Ubuntu

Namun tanpa disadari fitur Apport yang menyatakan "System Program Problem Detected" ini kerap kali muncul saat kita sedang beraktivitas di desktop Ubuntu. Sehingga membuat pengguna Ubuntu merasa risih dan terganggu saat poppup system report ini muncul. Namun dalam perspektif baiknya kita diwajibkan untuk melaporkan error yang terjadi dengan menekan tombol "Report Problem" sehingga pengembang Ubuntu dapat mengetahui dan memperbaikinya untuk versi selanjutnya. Tapi terkadang manusia ingin enaknya saja dan tidak perduli deengan kepentingan bersama :v. Langung saja berikut Cara Mudah Menonaktifkan / Disable Error Reporting System / Popup System Program Problem Detected di semua versi sistem operasi Ubuntu.

1. Buka terminal Ubuntu dengan cara menekan tombol Ctrl + Alt + T atau deengan cara lain
2. Masuk sebagai root, bisa menggunakan perintah sudo su atau su bisa juga sudo -i dan masukkan password lalu enter
3. Nonaktifkan fitur Apport Ubuntu dengan cara memasukkan perintah berikut ke terminal Ubuntu
   -Melalui Text Editor, Misal Gedit: gksu gedit /etc/default/apport
   -Melalui Editor Terminal: nano /etc/default/apport
   -Atau: gedit /etc/default/apport
Sebagai contoh saya menggunakan text editor gedit seperti gambar berikut:
Cara Menonaktifkan / Disable Error Reporting System di Ubuntu

4. Maka akan muncul text editor dan ribahlah text enable=1 menjadi enable=0 dalam artian jika angka 1 itu artinya sistem Apport aktif/enable dan 0 artinya non-aktif /disable
Cara Menonaktifkan / Disable Error Reporting System di Ubuntu
5. Langkah terakhir seteah merubah enable=0 save dengan menekan Ctrl + s, jika melalui perintah nano di terminal gunakan Ctrl + o dan Ctrl +x

Mudah buka cara menonaktifkan Error Reporting System pada Ubuntu?. Semoga tutorial singkat ini dapat bermanfaat untuk Anda yang membacanya, terutama pada kalian yang baru mengenal Linux Ubuntu.

Catatan :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam