Space 720 x 90 Tersedia
18 Oct 2015

Mengatasi GRUB Tidak Tampil Setelah Install Ubuntu 15.04

Cara Mengatasi GRUB Tidak Tampil Setelah Install Ubuntu (Semua Versi Ubuntu) | Postingan kali ini masuk membahas tentang sistem operasi Linux dan boot manager yaitu cara mengatasi boot manager atau GRUB  Linux Ubuntu 15.04 tidak tampil setelah selesai install Ubuntu. Ide postingan ini lagi-lagi karena masalah ini pernah terjadi pada saya beberapa haru lalu. Saat mencoba untuk dual boot yaitu Windows 7 dan Ubuntu 15.04 (saati itu) dan proses instalasi Ubuntu 15.04 selesai GRUB Ubuntu malah tidak tampil. Sempat merasa cemas saat GRUB tidak tampil, saya kira semua isi hardisk saya telah terinstall oleh Ubuntu, tapi saya rasa tidak mungkin karena saat instalasi Ubuntu saya pilih opsi "Something Else". Akhirnya saya coba-coba untuk mencari solusi di beberapa grup-grup linux dan akhirnya masalah terselesaikan. Mau tau Cara Mengatasi GRUB Tidak Tampil Setelah Install Ubuntu? silahkan ikuti langkah-langkah berikut.
Mengatasi GRUB Tidak Tampil Setelah Install Ubuntu 15.04

Mengatasi GRUB Tidak Tampil Setelah Install Ubuntu (Semua Versi Ubuntu)

*note: cara ini dapat dilakukan ke semua versi ubuntu termasuk versi terbaru

1. Buka terminal Ubuntu Anda lalu ketikan perintah sudo gedit /etc/default/grub lalu masukkan password user Anda lalu tekan enter seperti gambar berikut

Mengatasi GRUB Tidak Tampil Setelah Install Ubuntu 15.04

2. Maka akan tampil tampilan teks editor gedit yang berisi konfigurasi GRUB Ubuntu, ini merupakan file configurasi dari GRUB. Untuk memastikan apakah time out atau waktu tunggu untuk memilih boot menu lebih dari 1 (satu detik) perhatikan kode-kodenya, jika tertulis GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=6 artinya ada waktu tunggu untuk memilih menu boot namun kalau GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0 artinya tidak ada waktu tunggu sama sekali yang menyebabkan GRUB tidak tampil. Maka pastikan lebih dari angka 0, lalu save dan exit.
Mengatasi GRUB Tidak Tampil Setelah Install Ubuntu 15.04

3. Setelah itu tetap di terminal silahkan ketikkan perintah sudo update-grub2 seperti gambar berikut

Mengatasi GRUB Tidak Tampil Setelah Install Ubuntu 15.04

Seperti gambar yang diblok diatas yaitu Windows 7 telah terdetect oleh system GRUB

4. Langkah terakhir silahkan restart komputer Anda dengan ketikkan perintah sudo reboot pada terminal atau dengan cara lain.

Inti Masalah

Terjadi dibeberapa kasus setelah instal Ubuntu time out (waktu tunggu) untuk memilih pilihan menu boot sistem operasi terseting 0 secara default. Akibatnya GRUB tidak akan tampil dan langsung masuk ke sistem operasi Ubuntu karena urutannya paling atas. Maka dari itu kita perlu seting ulang menjadi lebih dari 0, misal 2,3,4,5 dimana angka tersebut menjadi waktu tunggu memilih menu boot.

Namun kadang juga sudah terseting lebih dari 0 tetapi GRUB tidak tampil, maka Anda cukup megupdate GRUB dengan perintah update-grub2 pada terminal Ubuntu.

Semoga tutorial dan kali ini dapat membantu pengguna linux yang mengalami masalah yang sama pada GRUB Ubuntu 15.04 yang tidak tampil. 

11 komentar

This comment has been removed by a blog administrator.

gan, saya malah menginstall w7 ke linux ubuntu. nah grub nya kagak mau keluar. malah w7 terus os nya yang masuk. itu gimana gan kira2? mohon bantuannya. terima kasih..

maksudnya Anda install ubuntu dulu baru windows bukan? jika iya artinya GRUB nya benar-benar tidak tampil. Jadi Anda perlu merestore / instal ulang GRUB nya dengan cara live USB linux. Saya belum sempat posting itu cari di google dengan keyword "mengembalikan grub linux yang hilang setelah instal windows"

Gan, saya barusan install Ubuntu dan grub nya gak muncul jadi langsung masuk ke Windows 10 ane. Mohon pencerahan nya...

Jika kamu instal
windows dulu baru instal linux harusnya GRUB linux akan tampil / langsung masuk ke linux. Tapi kalau langsung masuk ke windows, aneh juga ya. Biasanya yang terakhir di instal itu yang akan pilihan default jika GRUB tidak tampil.

sama dengan jawaban diatas kamu perlu merestore / instal ulang GRUB nya dengan cara live USB linux. Cari aja di google tutornya banyak.

Sama temen² diatas gan udah istall windows duluan tapi masuknya langsung ke windows
Nyoba cara di atas pakai live tapi waktu "sudo update-grub2" muncul error"failed to get canonical path of /cow"

Sebentar, kamu instal distro linux apa? dan saat tahap untuk instal GRUB Linux ke Master Boot Record kamu pilih Yes or No? Kalau pilh Yes/Ya harusnya muncul. jika belum muncul juga maka solusinya kamu atur GRUB / Option Boot Menu nya pakai Windows dengan bantuan software EasyBCD. Tutorialnya banyak untuk penggunaan sotware EasyBCD. Tapi INGAT, jangan uninstal windowsnya dulu kalau mau akses Linuxnya karena GRUB nya di atur melali Windows.

Gan kan laptop ane udah ada win 10 terus saya install kali linux dan grub habis instal langsung ke win 10
Grup nya gk keluar solusinya gimana gan?

Solusi mudahnya pakai sotware EasyBCD, instal di windows mu. itu GRUB ala windows.

Gan mo nanya..
Saya install UBUNTU LTS 16.04 di Win 10 (Partisi yg berbeda) beberapa hari lancar2 aja masih bisa pilih salah satu OS saat start komputer.
Nah bermaksut ingin mengubah tampilan biar lebih keren gitu saat pemilihan OS :D
saya ketikkan perintah bcdboot C:\Windows di windows.. eh.. setiap start komputer langsung bablas ke windows 10.
Gimana mo akses ubuntu buat ikutin tutor di atas gan,,?
Gimana ngembaliin status choise os saat strat komputer ?
Teks

Catatan :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam

 
close