Space 720 x 90 Tersedia
10 Aug 2015
Info Prediksi SepakBola

Cara Mudah Menyimpan Halaman Website / Blog ke PDF

Sempat fakum hambir 2 bulan, kali ini Kalong Ganteng akan memberikan tips hemat kuota internet. Hemat kuota internet yang bagaimana? jadi dengan tutorial kali ini Anda dapat membaca artikel atau halaman website yang sudah Anda buka sebelumnya secara online dan dapat Anda baca kembali secara offline (tanpa terhubung jaringan internet). Bukankah itu dapat dikatakan hemat kuota internet? hehe, tentu cara ini sangat membantu Anda yang sedang mengalami penipisan atau keritis kuota internet. Dalam beberapa kondisi cara serta tips ini sangat bermanfaat bagi Anda, contohnya ketika Anda mencari beberapa referensi artikel yang akan dijadikan bahan tugas ataupun pekerjaan melalui web browser. Akhirnya tiba saatnya Anda hendak membacanya kembali untuk menganalisis dan menyeleksi artikel mana yang akan dijadikan bahan tugas atau pekerjaan, bagaimana jika tempat Anda berada saat itu tidak mendukung jaringan internet atau jaringannya lemah (misal saat pulang kampung)? sehingga Anda tidak dapat membaca artikel secara online atau bisa jadi saat Anda ingin membuka kembali artikel tersebut keadaan kuota internet Anda sudah habis. 
Cara Mudah Menyimpan Halaman Website / Blog ke PDF

Nah kali ini saya akan berbagi tutorial + tips mudah menyimpan halaman website ke PDF sehingga dapat dibaca secara offline atau tanpa terhubung jaringan internet. Lalu bagaimana Cara Mudah Menyimpan Halaman Website ke PDF? silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.
note: Perlu diketahui cara berikut hanya dapat dilakukan pada web browser Google Chrome saja. Untuk web browser lainnya tunggu pembahasan selanjutnya.

1. Pertama carilah dulu halaman website yang akan Anda baca nantinya secara offline (misalnya halaman web ini)
2. Tekan tombol Ctrl+P atau tekan tombol options pada sisi kanan atas web browser seperti gambah berikut
Cara Mudah Menyimpan Halaman Website ke PDF

3. Lalu pilih Print akan tampil tampilan seperti berikut.
Cara Mudah Menyimpan Halaman Website ke PDF

4. Setelah itu pilih button Save atau Simpan, namun sebelumnya pastikan Anda menyimpannya dalam bentuk PDF seperti gambar diatas. Anda juga dapat mengatur seperti apa tampilan yang akan disimpan, seperti ukuran kertas, layout, margin dll.

5. Terakhir pilih direktori tempat untuk menyimpan file PDF tersebut seperti gambar dibawah
Cara Mudah Menyimpan Halaman Website ke PDF

6. Maka akan tampil filenya seperti gambar berikut.
Cara Mudah Menyimpan Halaman Website ke PDF
7. Jika dibuka hasilnya seperti gambar dibawah.
Cara Mudah Menyimpan Halaman Website ke PDF

Sedikit tambahan: Ketika berhasil disimpan memang tidak sepenuhnya akan mirip seperti saat Anda buka secara online. File atau script yang menghasilkan background template blog, icon-icon dan lain-lain yang terhosting tidak akan tampil sempurna saat dibuka secara offline melalui file PDF yang telah disimpan.

Sekian untuk pembahasan Cara Mudah Menyimpan Halaman Website / Blog ke PDF kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semua yang membutuhkannya. Tunggu pembahasan seputar menghemat kuota internet pada postingan Kalong Ganteng selanjutnya.

Catatan :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam