Space 720 x 90 Tersedia
27 May 2015
Info Prediksi SepakBola

Tips Hindari Kerusakan Mata Karena Layar Komputer/Laptop

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa aktivitas didepan monitor komputer atau laptop selalu kita lakukan setiap hari dan sungguh mengasyikkan. Banyak orang yang lupa waktu dengan menghabiskan hari-harinya dengan beraktivitas didepan layar monitor komputer, baik itu bermain game, menonton film, blogging maupun online biasa. Sakit pada mata terkadang tidak dapat dihindari karena terlalu lama menatap monitor. Jika kebiasaan ini terus dipelihara maka akan berakibat pada kesehatan Anda bukan? bukan hanya terasa sakit pada mata, ternyata hal ini dapat menggakibatkan kerusakan pada mata. Ini dapat dibuktikan dari beberapa orang sekitar yang memakai kacamata, kebanyakan dari mereka memakai kacamata akibat dari berlalama-lama menatap monitor komputer atau laptop dengan aktivitas-aktivitas yang mereka sukai tanpa kenal waktu.
Tips Hindari Kerusakan Mata Karena Layar Komputer/Laptop

Sebenarnya beralama-lama menatap layar monitor komputer tidaklah salah, namun cara atau metode penggunaannya yang salah. Untuk menghindari terjadinya masalah serius pada mata kali ini saya akan berbagi beberapa tips sederhana untuk mencegahnya. Namun perlu Anda garis bawahi bahwa tidak hanya menatap layar monitor dengan metode yang salah saja yang berakibat kerusakan pada mata, namun pada setiap perangkat yang memiliki radiasi seperti TV, smartphone dan lain-lain juga akan menyebabkan hal yang sama. Lalu bagaimana tips yang benar untuk menghindari kerusakan mata karena layar monitor komputer atau laptop? silahkan simak tips-tipsnya dibawah.

1. Kurangi Kecerahan (Brightness) Layar

Kebiasaan pengguna komputer yang menyetting full brightness pada desktopnya, tanpa disadari ini adalah faktor utama penyebab sakitnya mata. Jika hal ini dilakukan terus-menerus saat menggunakan komputer maka akan menyebabkan kerusakan pada mata. Setiing lah brightness (kecerahan) layar desktop Anda setidaknya 40% hingga 70% dari full brightness untuk menghindari hal yang tidak diinginkan pada mata Anda.

2. Jarang Mata Dengan Layar Monitor Setidaknya 70 cm

Agar tampak jelas dan paham dengan aktivitasnya didepan desktop kebanyakan pengguna komputer menatap dan memperhatikan desktop dengan sangat dekat. Hal ini banyak dilakukan orang-orang disekitar saya yang tidak paham dengan dampak penggunaan yang seperti ini. Seperti telah dijelaskan oleh kebanyakan pakar kesehatan bahwa rediasi dari desktop komputer ataupun laptop dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada mata jika hal ini tetap terus-terusan dilakukan setiap mengoprasikan komputer atau laptop. Jujur saya pribadi menggunakan laptop dengan jarak pandang 50 hingga 70 cm untuk menghindari kerusakan pada mata. Nah pada poin ini tentu berhubungan pada poin sebelumnya, usahakan gunakan kecerahan seperti yang saya jelaskan sebelumnya dan jarak pandang tepat jika anda masih peduli dengan kesehatan mata Anda.

3. Hindari Penggunaan Pada Tempat dengan Pencahayaan yang Minim

Dibandingkan kedua hal diatas poin ini memang lebih sedikit dilakukan pengguna komputer atau laptop. Namun perlu Anda ketahui dengan menggunakan laptop pada tempat yang memiliki penerangan minim bahkan gelap termasuk faktor penyebab kerusakan pada mata. Apalagi jika titambah dengan kecerahan yang tinggi dan jarak pandang yang sangat dekat, hal ini malah akan memperparah dan mengancam kesehatan mata. Karena dalam keadaan pencahayaan yang minim ataupun gelap membuat mata Anda menyerap semua cahaya yang keluar dari desktop. Jika siang hari bukalah jendela rumah Anda atau jika malam hari gunakanlah lampu yang cukup terah yang fungsinya untuk penyeimbang cahaya yang kluar dari desktop.

4. Biarkan Mata Istirahat Sejenak

Menggunakan laptop atau komputer dalam waktu yang lama membuat mata Anda terus fokus pada desktop tanpa istirahat. Hal ini akan menyebabkan mata lelah yang juga berakibat kerusakan pada mata. Berikan waktu sejelak setidaknya setengah hingga satu jam agar mata dapat beristirahat. Fungsinya agar dapat merenggangkan otot-otot mata terus fokus dalam menggunakan laptop atau komputer. Cobalah memandang sesuatu objek yang jauh dan yang dekat, agar mata dapat berolahraga setelah berjam-jam memandang desktop.

5. Mengatur Kenyamanan

Carilah posisi yang nyaman saat beraktivitas didepan desktop, hindari memandang desktop berlama-lama pada posisi miring, mengguling ataupun sambil tidur-tiduran. Duduklah dengan posisi yang nyaman dengan posisi tubuh 90 derajat. Jika Anda menggunakan laptop atau komputer dengan posisi yang benar maka akan memperkecil terjadinya kerusakan pada mata.

Semoga tips-tips mengindari kerusakan mata karena layar komputer atau laptop tadi dapat menjadi referensi bagi Anda yang setiap hari melakukan aktivitas didepan layar monitor komputer.

2 komentar

kurangi kecerahan layar/contras suka saya lakukan mas, tips ini sangat bermanfaat agar mata kita tidak rusak walaupun tiap hari sring didepan PC

itu bagus :) terimakasih bang. Apalagi seorang blogger yang kerjaannya nongkrongin laptop/PC saban hari hehe
Saya aja pakai low contras jika kondisi pencahayaan ruangan agak gelap.

Catatan :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam