Space 720 x 90 Tersedia
6 Apr 2015
Info Prediksi SepakBola

Mengatasi Wine Bermasalah Pada Linux

Cara mengatasi error Wine pada Linux Ubuntu, Kali Linux dll | Aplikasi Wine yang terdapat pada sistem operasi linux ini pastinya tak asing lagi diteliga pencinta Linux. Tak lain fungsi utama aplikasi ini iyalah dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang biasa dipakai atau diinstall pada sistem operasi Windows. Jadi secara tidak langsung sobat dapat menjalankan aplikasi-aplikasi dua OS yaitu Linux dan Windows, disinilah letak keistimewaan Linux yang dapat menjalankan aplikasi-aplikasi windows, sedangkan Windows belum tentu dapat menjalankan aplikasi atau tools Linux.
Mengatasi Wine Bermasalah Pada LinuxLangsung saja kali ini saya akan berbagi tentang cara mengatasi error atau bermasalah pada Wine Linux. Tiba saatnya pengguna Linux menemukan masalah pada aplikasi wine-nya, baik itu tidak dapat mengakses aplikasi yang terinstall pada Wine ataupun dapat membuka aplikasinya namun saat akan memodifikasinya terjadi error. misal terjadi error saat membuka Microsoft Word(Office) " . . .encountered problem and need to close. . . etc". Nah masalah ini dapat kita atasi dengan cara setup ulang Wine Linux sobat. Jika sudah di setup tentu semua aplikasi yang telah sobat pada Wine sebelumnya akan hilang, sobat hanya perlu instal ulang semua aplikasi yang telah sobat install sebelumnya saja. Caranyanya cukup mudah, silahkan ikuti langkah-langkah bherikut.

  1. Buka terminal atau (Ctrl+Alt+T)
  2. sudo rm -rf ~/.wine/Masukkan perintah “sudo rm -rf ~/.wine/” tanpa tanda petik lalu enter
  3. Masukkan password jika diminta
  4. Nah sekarang buka wine kembali agar wine melakukan konfigurasi ulang, bisa disebut system restore, kini wine sobat dalam keadaan sebagaimana linux baru diinstall
  5. Cobalah untuk install ulang aplikasi atau software windows yang sebelumnya pernah terinstall pada wine, semoga aplikasi yang sebelumnya terjadi error saat dibuka atau dimodifikasi sekarang tidak terjadi lagi.
Baca juga:


Latar belakang saya share mengatasi masalah pada wine kali ini tak lain dari pengalaman saya sendiri saat mencoba memodifikasi dan save dokumen Office terjadi error dan aplikasi terhenti secara paksa. Setelah mencoba mencari referensi untuk dapat mengatasinya dan ternyata solusi pun saya dapatkan yaitu dengan cara-cara diatas. Terlintas dibenak saya untuk repost agar dapat membantu pengguna Linux lainnya yang mengalami masalah sepura seperti yang saya alami tentunya dengan penyajian yang berbeda dan mudah dimengerti.

Ternyata tidak susah untuk melakukannya, ini dapat sobat lakukan baik online maupun offline. Jadi perintah diatas hanya menghilangkan folder konfigurasi pada wine saja, tidak menghilangkan wine tersebut. Sobat tidak perlu install ulang atau update wine-nya, cukup meremove konfigurasinya saja dengan perintah diatas. Semoga dapat membantu dan semoga berhasil.

5 komentar

Ok, sama-sama. Sengan dapat membantu Anda :)

mas kalau saya tidak au terbuka ms officenya cuma loading awalnya aja tpi stuck disitu? wine version saya 1.8.3 kali linux 2 bit?

Gabung di grup fb ini aja bang saya juga kebetulan udah gabung tapi skrng kurang aktif lagi,facebook[dot]com/groups/KaliLinuxIndonesia
mana yang error post disana

Catatan :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam