Space 720 x 90 Tersedia
13 Apr 2015
Info Prediksi SepakBola

Cara Mengatasi Masalah Brightness Pada Kali Linux

Kalongganteng - Mengatasi Masalah Brightness Pada Kali Linux | Kali linux merupakan distro Linux turunan Debian penerus dari BackTrack yang sama-sama kita ketahui bahwa Kali Linux adalah salah satu OS Linux yang berfokus pada Penetration Testing Distribution atau bisa juga pada keamanan jaringan. Tentunya Distro linux ini dibanjiri peminat dari berbagai kalangan masyarakat. Namun setelah terinstall di komputer atau laptop kesayangan anda, tentunya sebagai pemula pamakai kali linux akan terdapat berbagai masalah-masalah kecil yang menggangu kenyamanan, misal pada brightness(Kecerahan), Audio(Suara). Biasanya saat komputer baru dihidupkan atau restart kecerahan layar akan menjadi maksimal, tentu sobat sangat terganggu untuk beraktifitas di komputer.  Untuk mengatasinya kali ini saya sempatkan untuk berbagi cara mengatasi masalah brihtness atau kecerahan pada kali linux.

Cara Mengatasi Masalah Brightness Pada Kali Linux
Sebenarnya terdapat banyak cara untuk mengatasi masalah kecerahan pada kali linux, namun kali ini saya akan berbagi beberapa cara manualnya saja agar lebih mudah dipahami dan dicoba.
1. Pengaturan default brightness Kali Linux berada pada direktori /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness sobat daat mengaturnya dengan cara buka dengan editor text, misal leafpad ganti nilai kecerahan sesuai selera lalu save seperti gambar dibawah.
Mengatur Brightness Secara Manual

2. Pengaturan brightness juga dapat diatur melalui terminal dengan perintah leafpad /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness. Jadi kita panggil catatan brightness melalui terminal lalu dibuka dengan aplikasi leafpad. Ganti nilai kecarahan sesuai kenyamanan lalu save, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.
Mengatur Brightness Secara Manual Melalui Terminal

3. Cara ketiga ini lebih simple dalam penggunakannya, yaitu sobat membuat shortcut keyboard dengan memanggil catatan brightness tadi.  Caranya buka Menu Applications>System Tools>Preferences>System Settings lalu pilih Keyboard kemudian beralih ke tab Shortcuts dan pilih Costum Shortcuts seperti gambar dibawah. Kemudian untuk menambahkan shortcut klik tanda + pada Name isi terserah sobat dan pada commond-nya masukakkan leafpad /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness lalu apply. Untuk menambahkan shortcuts keyboard-nya klik tulisan Disable lalu tekan tombol keyboard yang akan digunakan sebagai shortcut, misal Ctrl+Alt+B. Shortcut keyboard selesai dibuat untuk dapat mengaturnya cobalah tekan tombol keyboard sesuai yang sobat input tadi, akan keluar pengaturan kecerahannya kemudian ganti nilai kecerahan sesuai kebutuhan terakhir save.
Mengatur Brightness Secara Manual Melalui Shortcut Keyboard

Penambahan Shortcut Keyboard

*note: Namun perlu diketahui pengaturan ini hanya bersifat sementara, artinya jika komputer direstart maka kecarahan akan berubah ke pengaturan defaultnya dengan kecerahan layar yang tinggi. Sobat cukup gunakan cara ketiga untuk mengatasinya ketika komputer selesai booting.

Untuk cara mengatasi brightness Kali Linux secara permanen tunggu postingan KalongGanteng selanjutnya. Saya rasa cukut untuk trik kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

6 komentar

Makasih gan membantu bnget 👍

iya sama-sama gan :D. Jangan lupa share

Thanks membantu skali,:)

Catatan :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam