Space 720 x 90 Tersedia
27 Jun 2014
Info Prediksi SepakBola

Tips Komputer | Bahaya me-refresh / Menekan Tombol F5 secara Terus-menerus

Bahaya me-refresh / Menekan Tombol F5 secara Terus-menerus
kalongganteng.com - Kali ini saya akan berbagi tentang tips komputer yaitu dampak dari sering kalinya kita menekan tombol F5 untuk me-reflesh komputer. Setelah memahami sebagian tips-tips komputer saya pernah mendengar dari salh satu narasumber bahwa seringnya kita untuk menekan tombol F5 dengan niat me-reflesh atau menyegarkan komputer. Dengan seringnya menekan tombol F5 maka justru akan membuat CPU Usage menjadi tinggi dalam artian nyesek hehe . Kejadian ini biasanya di lakukan pada pengguna windows, pada saat windows selesai booting/baru hidup hal ini selalu menjadi kebiasaan. Sebaiknya hal ini dikurangi untuk menjaga RAM anda lebih aman. Sebanarnya me-refresh boleh-boleh saja dengan catatan jangan terlalu sering. Contohnya anda selesai booting/komputer baru hidup anda langsung me-refresh dengan menekan tombol F5 secara terus-menerus. Sebaiknya tiga atau empat kali saja. Oke untuk lebih jelasnya kita simak sama-sama dalam pembahasan-pembahasan berikut.

Apa sebenarnya fungsi "refresh" itu sendiri pada windows?

Dalam pembahasan hal ini muncullah beberapa pertanyaan diantanya :


Apa sebenarnya fungsi "refresh" itu sendiri pada windows?





Sebelumnya, apa yang anda ketahui dari "refresh" itu sendiri? apakah dengan merefresh windows akan berjalan lancar? atau lebih cepat? anda mungkin berfikir akan merefreh RAM agar lebih enteng. Salah semua !!Dari hasil survei saya sendiri kebanyakan pengguna windows sering menekan tombol Tombol Klik kanan lalu klik Refresh pada desktop atau menggunakan tombol shortcut-nya pada keyboard yaitu tombol fungsi F5, Dengan maksud agar komputer lebih cepat bekerja, sehingga hal ini menjadi kebiasaan dimanapun dan pada komputer siapapun akan melakukan hal yang sama.

Perlu diketahui refresh pada desktop berbeda dengan refresh page atau reload page pada browser. Kadangkala karena lalu lintas internet yang padat, ada halaman internet yang tidak dapat dimuat secara sempurna. Fungsi refresh pada browser ini adalah untuk memuat kembali halaman yang gagal dimuat sebelumnya. Sedangkan, refresh pada desktop memiliki fungsi yang berbeda dengan tombol refresh yang terdapat di dalam browser. Kebanyakan pengguna komputer baru atau awam, seperti TS sendiri, pada awalnya meyakini bahwa tombol refresh berfungsi untuk meng-update atau memperbaharui kondisi siaga (idle) komputer setelah terjadi perubahan dan menghapus perintah sebelumnya dari RAM, sehingga komputer yang kita gunakan akan berjalan dengan lebih lancar dan lebih cepat. Namun, seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, ternyata merupakan mitos semata.

Mengapa Dekstop Harus di Refresh?
Mengapa ya kebanyakan orang suka banget me-Refresh dekstop secara terus menerus?

Kita mungkin sering memperhatikan banyak pengguna komputer yang suka mengklik kanan mouse dan mengklik opsi “refresh” terus menerus, mungkin ini sudah menjadi kebiasaan atau hanya meniru dari pengguna-penggua sebelumnya.Kalian mungkin juga memperhatikan terutama dikalangan teknisi komputer atau pakar IT yang terobsesi dengan menggunakan pilihan “Refresh”.

Yang mengkhawatirkan dari mereka, mungkin karena mereka tidak tahu alasan sebenarnya mengapa mereka menekan tombol ini. Parahnya lagi, mereka yang memiliki alasan kuat mengapa mereka menekan tombol ini justru meyakini mitos yang salah tentang fungsi tombol refresh tersebut.

Pada situasi apa kita harusnya menggunakan "refresh" ini?
Kita mungkin perlu untuk merefresh atau menyegarkan desktop dalam situasi berikut ini :
    Pada situasi apa kita harusnya menggunakan "refresh" ini?    
  1. Desktop tidak menampilkan file atau folder yang baru saja kita buat, pindah, hapus, simpan atau diganti namanya.
  2. Kita perlu untuk menyelaraskan ikon di desktop.
  3. Kita menemukan ada ikon yang tidak bisa digunakan (diklik)
  4. File yang dibuat oleh aplikasi pihak ke-3 tidak muncul.
  5. Dan situasi yang sama seperti di mana isi dari desktop atau folder tersebut tidak berubah bila diharapkan.
  6. Ukuran Wallpaper yang melebihi ukuran Display
  7. Icon Hang atau Tidak muncul di Dekstop karena Cache tidak merespon
Kadangkala bila anda melakukan perubahan pada shortcut di desktop, perubahan tersebut tidak ditampilkan secara instan. Nah, pada kasus ini, barulah anda perlu untuk melakukan refresh pada desktop anda untuk menampilkan perubahan yang telah dilakukan di desktop. Contohnya, anda telah mengatur shortcut di desktop agar namanya sesuai dengan urutan abjad/date dsb. Saat anda menambahkan shortcut baru pada desktop, shortcut baru tersebut tidak akan langsung tersortir sesuai urutan abjad, tetapi akan berada di bagian paling bawah daftar shortcut.


Jika anda menekan tombol refresh desktop, semua shortcut akan diatur ulang kembali dan shortcut yang baru tersebut akan menempati posisinya sesuai abjadnya. Ini adalah fungsi tombol refresh desktop yang sebenarnya.

Selain itu, refresh juga punya fungsi yang sama pada Windows Explorer. Jadi, bila sahabat kaling punya kebiasaan melakukan refresh pada desktop berkali-kali tanpa mengetahui maksud dan fungsi sebenarnya tombol ini, maka ente sebaiknya menghentikan kebiasaan tersebut. Karena anda hanya membuang waktu dan perhatian anda untuk melakukan pekerjaan yang sebenarnya sia-sia saja.


Kalau tidak percaya dengan yang saya bahas silahkan anda tekan tobol F5 atau me-refresh pada dekstop secara terus menerus dan sambil cek kapasitas CPU usage anda. Pasti semakin cepat anda me-refresh maka semakin tinggi pamakaian CPU usage anda.


Kesimpulannya adalah, Jangan terlalu sering menekan Tombol F5/nge-REFRESH, Jika ingin melakukan Refresh cukup sesekali saja dan tidak perlu berlebihan.

Tips sari Kalong Ganteng jika tidak mengginginkan komputer anda lemotnya setengah mati. Anda harus menyesuaikan aplikasi yang anda pakai dengan kapasitan RAM anda atau menyesuaikan kapasitas game dengan kapasitas VGA anda. Jangan lupa apabila ada aplikasi yang cukup berat tetapi jarang digunakan lebih baik di-uninstall saja misal, Adobe Photoshop, Corel draw dll.

Sekian dulu untuk postingan kali ini. Maaf ya kalu terlau pnjang dan membosankan tapi ini penting loh.  Terimakasih sudah berkunjung. Pengunjung yang baik sealalu menunggalkan komentar.

5 komentar

makasih gan infonya.... jadi tambah ilmu.....

iya sama-sama :)
terimakasih juga telah berkunjung

wah, ketahuan nih.. orang2 yang pada suka refresh itu aslinya pada gak tahu apa fungsinya tombol tersebut..
sip bos.. jadi paham..

Betul banget, memang pengetahuan dasar itu wajib dipahami.

boleh juga info nya...

jadi si IT bodoh atau gimana nih.. masa iya mereka ga tau inti refresh itu.. kutak katik sono sini.. bikin ini bikin anu... w kira mereka cerdas...

Catatan :
- Harap Berkomentar Sesuai Dengan Judul Bacaan
- Tidak diperbolehkan Untuk Mempromosikan Barang Atau Berjualan
- Bagi Komentar Yang Menautkan Link Aktif Dianggap Spam